Senin, 10 Oktober 2011

Cara membasmi Tikus

Cara membasmi Tikus


Secara teknis tikus tidak dapat memanjat tembok, sehingga rumah dengan pagar yang baik hampir dipastikan terhindar tikus. Tapi tikus dapat dengan mudah memanjat tiang kecil, saluran air ataupun bahan lain yang memungkinkannya untuk mencengkram.
Ceritanya beberapa hari belakangan ini rumah kami diganggu oleh tikus. Sangat mengganggu, selain sangat berisik, beberapa kali si tikus buang air kecil dari atap membasahi lantai.
Setelah diusut, ternyata tikus ini masuk lewat salah satu kaki pergola yang baru beberapa minggu ini kami pasang. Kaki salah satu pergola tersebut menyentuh tanah sehingga memungkinkan tikus untuk naik keatap rumah lewat jalan ini.

Jenis tikus:
Tikus banyak jenisnya, yang akan menjadi fokus dalam tips kali ini adalah tikus rumahan, berikut perbedaannya.
1. Tikus rumahan, ukuran lebih kecil dan bersih, suka memanjat, ukuran badan 15-20cm
2. Tikus got/selokan, ukuran lebih besar, suka menggali, ukuran 20-30cm. Tikus got atau dikenal wirog ini jarang masuk kedalam rumah. Biasanya hidup diselokan. Sistem pembuangan air yang tidak baik bisa membuat tikus ini masuk kedalam rumah.
Pencegahan:
1. Tikus rumahan: Lumuri kaki pergola (atau jalur akses naiknya tikus) dengan gemuk/stempet. Harga Rp 2000,- bisa ditemukan di bengkel mobil. Gemuk membuat kaki pergola tidak bisa dipanjat tikus.

2. Tikus got: pastikan setiap akses saluran pembuangan tertutup dengan baik. Tindih atau beri pemberat setiap saluran pembuangan.
Pembasmian:
Tikus got relatif lebih mudah dibasmi, selain rute perjalanan tikus ini tetap -sehingga mudah untuk menjebaknya, atau dengan melemparnya dengan batu atau tombak bisa dengan mudah mengusir tikus ini untuk selama-lamanya. Tikus rumahan relatif agak sulit, karena medannya sulit dijangkau.
Teknik pembasmian:
1. Racun tikus cap Rackus: Rp 1000,
2. Jebakan tikus: Rp 13.000,-
3. Jebakan lem tikus cap Gajah: Rp 15.000,-

Dari ketiga alat ini yang paling efektif adalah jebakan lem tikus. Alat ini bisa dipakai berkali-kali dengan menambahkan lem setiap kali ada tikus yang terjebak.

Tikus yang sudah terjebak, di jebakan lem. Ambil tikus dengan kantong plastik, jebakan bisa dipakai berulang kali
Cara membunuh tikus:
1. Cara1: Gunakan gunting taman/rumput. Gunting ini cukup tajam untuk memotong kepala tikus. Jangan gunakan benda tumpul atau batu karena bekas cipratan darah akan tersebar kemana-mana.
2. Cara 2: Gunakan plastik rapat-rapat kemudian pukulkan tikus ke dinding atau tembok. Tikus akan mati dan tidak akan mengotori ruang disekitarnya
3. Cara 3: Masukkan dalam plastik rapat-rapat, bungkus dengan 2-3 kantong plastik, kemudian selotip rapat-rapat. Tikus akan mati lemas dan baunya tidak menyebar.

1 komentar:

  1. artikelnya keren gan , sangat bermanfaat semoga sukses selalu


    Jual Perangkap Tikus Surabaya

    BalasHapus

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme